4 Tips Memilih Penyekat Ruangan (Partisi) Untuk Ruangan Minimalis

Ruangan minimalis merupakan ruangan idaman bagi sebagian orang. Selain tidak memerlukan banyak perabotan untuk mengisinya, ruangan minimalis akan lebih gampang dibersihkan dibandingkan ruangan yang berukuran besar. Namun demikian, penataan ruangan minimalis juga memerlukan trik-trik khusus agar tidak terlihat sempit. Pada artikel kali ini kita akan kembali membahas seputar ruangan minimalis ini. Jika pada beberapa artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai bagaimana cara memilih furniture yang tepat untuk ruangan minimalis, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana memilih penyekat ruangan atau partisi untuk ruangan minimalis.
 
cara membuat sekat ruangan dengan triplek
cara membuat sekat ruangan dengan triplek


Mungkin sebagian dari para pembaca mulai bertanya, bagaimana bisa ruangan yang sudah berukuran kecil ditambah lagi dengan sebuah penyekat? Bukankah malah akan semakin mempersempit ruangan tersebut? Wajar jika Anda berpikir demikian. Namun kami akan berusaha berbagi tips dan trik bagaimana memilih penyekat atau partisi ruangan minimalis agar tidak terkesan sempit. Konsep ruangan minimalis memang sedang banyak diminati banyak orang karena konsep minimalis ini memang tidak memerlukan ruangan yang besar. Terlebih jika rumah Anda juga tidak termasuk rumah yang besar. Konsep ruangan minimalis ini biasanya akan menggunakan metode menggabungkan ruangan yang berbeda. Seperti contoh misalnya menggabungkan ruang makan dengan dapur, atau menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga.
 
penyekat ruangan dari gypsum
penyekat ruangan dari gypsum



Konsep penggabungan ruangan tersebut jelas tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika kita asal dalam penataannya maka malah akan merusak suasana yang ada di masing-masing ruangan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah penyekat antarruangan agar meskipun digabungkan tetapi tidak benar-benar terasa menjadi satu ruangan. Tanpa berlama-lama, berikut kami berikan beberapa tips Memilih Penyekat Ruangan (partisi) Untuk Ruangan Minimalis yang dapat Anda coba terapkan di rumah masing-masing :


harga sekat ruangan minimalis
harga sekat ruangan minimalis



1. Fungsi ruangan
 
 

sekat ruang tamu minimalis modern
sekat ruang tamu minimalis modern


Tips pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan memilih penyekat ruangan adalah dengan mempertimbangkan fungsi dari ruangan itu sendiri. Yang dimaksud fungsi ruangan di sini adalah digunakan untuk aktivitas seperti apa ruangan tersebut? Jika ruangan tersebut membutuhkan privasi yang cukup tinggi maka Anda dapat memilih untuk menggunakan penyekat ruangan permanen. Atau jika Anda tidak ingin menggunakan penyekat ruangan permanen, pilihlah partisi ruangan tidak permanen dengan desain yang cukup tertutup tetapi tidak 100% menutup ruangan. Hal ini bertujuan agar ruangan yang membutuhkan privasi tetap mendapatkan fungsi sebagaimana mestinya akan tetapi tidak membuat ruangan minimalis Anda terlihat sempit. Serta tidak terganggu oleh suasana ruangan di sebelahnya. Namun jika masing-masing ruangan tidak membutuhkan suatu privasi seperti ruang tamu dan ruang makan, maka Anda dapat memilih partisi ruangan non-permanen yang lebih fleksibel.


2. Sesuaikan konsep

pembatas ruangan dari plastik
pembatas ruangan dari plastik

Tips kedua adalah memilih penyekat ruangan yang sesuai dengan konsep ruangan itu sendiri. Kesesuaian konsep partisi dengan ruangan memang menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan sebelum menetapkan pilihan. Penyekat ruangan haruslah dapat berpadu dengan konsep ruangan yang sudah ada. Jangan sampai penyekat ruangan ini mis-match dengan ruangan dan malah akan merusak suasana ruangan tersebut.


3. Desain partisi

penyekat ruang tamu minimalis
penyekat ruang tamu minimalis

 
 
Tips selanjutnya adalah mengenai desain penyekat ruangan. Perlu diingat bahwa ruangan Anda adalah ruangan minimalis. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dalam menentukan jenis desain partisi ruangan Anda. Jika terlalu tertutup maka ruangan minimalis Anda akan terlihat semakin sempit. Tips untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memilih penyekat seperti rak atau lemari yang dapat digunakan untuk memajang hiasan ruangan. Lalu ada juga penyekat ruangan yang berbentuk panel-panel berbahan aluminium. Atau mungkin Anda juga dapat menggunakan penyekat ruangan berbahan kaca agar ruangan sebelah tetap dapat terlihat sehingga memberi kesan ruangan minimalis tetap terlihat luas. Anda juga dapat menggunakan partisi ruangan yang mudah digeser atau dipindahkan. Seperti misalnya dinding kertas seperti yang terdapat pada rumah-rumah bernuansa Jepang. Anda dapat memindahkan partisi seperti itu jika memang sedang tidak dibutuhkan.


4. Manfaatkan furniture


partisi ruangan rumah minimalis
partisi ruangan rumah minimalis

 
 
Tips terakhir yang dapat Anda terapkan untuk menyekat ruangan minimalis Anda agar tetap terlihat luas adalah dengan memanfaatkan furniture yang ada di rumah Anda. Pada poin terakhir ini Anda harus mengubah pola pikir Anda bahwa penyekat ruangan haruslah berupa suatu dinding atau meterial penutup lainnya. Karena ruangan Anda tidak terlalu besar maka Anda harus cukup berani untuk mengeluarkan ide. Anda dapat memanfaatkan furniture yang ada di rumah Anda seperti lemari atau rak, hiasan-hiasan rumah seperti guci, tanaman hias, pernak-pernik yang dapat digantung, dan benda-benda hiasan lainnya. Selain berfungsi sebagai penyekat atau partisi ruangan, dengan menggunakan trik tersebut Anda juga akan mendapatkan keunikan dan nilai estetika pada ruangan Anda. Ruangan minimalis Anda juga akan terlihat tetap luas dan tidak terkesan kaku.

penyekat ruang tamu dan ruang keluarga
penyekat ruang tamu dan ruang keluarga


Demikian beberapa tips yang dapat Anda coba terapkan di rumah masing-masing terkait Memilih Penyekat Ruangan (partisi) Untuk Ruangan Minimalis. Semoga dapan menjadi sumber inspirasi dan bermanfaat untuk Anda. Dapatkan tips-tips menarik lainnya dengan terus mengunjungi situs kami. Terima kasih atas kunjungan Anda dan sampai jumpa pada artikel-artikel penuh manfaat lainnya.

Subscribe to receive free email updates: