7 Tips Ampuh Memilih Furniture Kayu Untuk Kedai Kopi (Coffe Shop)

Membahas masalah furniture memang seakan tidak ada habisnya. Jika pada artikel-artikel sebelumnya kita telah banyak membahas segala furniture yang ada di area rumah, maka pada artikel kali ini kita akan mengangkat tema yang sedikit berbeda. Topik yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Tips Memilih Furniture Kayu Untuk Warung Kopi (Coffee Shop). Apakah terdapat banyak perbedaan antara furniture kayu rumahan dengan furniture kayu yang ada di kafe? Pada artikel kali ini akan kita kupas mengenai hal-hal tersebut.


desain meja warung kopi
desain meja warung kopi


 

Coffee shop atau warung kopi adalah sejenis kafe yang menyediakan menu utama berupa beragam jenis minuman berbahan dasar kopi. Usaha warung kopi akhir-akhir ini mulai banyak diminati oleh para pengusaha di bidang kuliner. Salah satu faktornya mungkin adalah begitu banyaknya masyarakat yang menggemari minuman yang satu ini. Sehingga peluang usaha di bidang ini juga cukup besar. Berbagai tema dekorasi mulai dari klasik hingga modern banyak diusung di berbagai warung kopi. Konsepnya pun beragam, mulai dari indoor hingga outdoor. Furniture yang digunakan pun sudah pasti akan berbeda. Banyaknya variasi tema furniture ini adalah salah satu hal yang membedakan furniture rumahan dengan furniture kafe. Kemudian perbedaan lainnya adalah dari segi kuantitas furniture. Furniture coffee shop tentu kuantitasnya lebih banyak daripada furniture rumahan. Hal ini akan mempengaruhi proses penataannya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika memilih furniture kayu untuk warung kopi (coffee shop) :



konsep warung kopi unik
konsep warung kopi unik


1.    Sesuaikan tema
Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan membeli furniture kayu untuk warung kopi Anda adalah penentuan tema. Tentukan terlebih dahulu tema yang akan Anda gunakan pada warung kopi Anda. Setelah itu Anda dapat mulai merancang furniture seperti apa yang cocok dengan tema yang Anda usung. Kesesuaian tema antara ruangan dengan furniture akan sangat menentukan kenyamanan para pelanggan Anda. Jangan sampai konsep furniture yang Anda gunakan tidak serasi dengan tema ruangan yang telah Anda pilih.


desain meja warung kopi
desain meja warung kopi 2

 

2.    Indoor atau outdoor?
Tips kedua ini mengenai pemilihan material furniture. Pemilihan material furniture ini akan tergantung pada penempatan furniture itu sendiri. Apakah di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor). Jika penempatan furniture berada di dalam ruangan mungkin tak terlalu membutuhkan perhatian khusus. Akan tetapi jika furniture Anda berada di luar ruangan maka Anda membutuhkan bahan pelapis khusus untuk furniture kayu Anda. Karena furniture di luar ruangan lebih rentan terkena panas, debu, dan hujan. Konsultasikan kepada penjual furniture tersebut bagaimana solusi terbaiknya. Sehingga furniture kayu Anda dapat bertahan lama dan tidak cepat rusak.


konsep warung kopi sederhana
konsep warung kopi sederhana

 
3.    Sesuaikan dengan luas ruangan

Tips selanjutnya adalah menyesuaikan furniture dengan luas ruangan warung kopi Anda. Jika Anda memiliki warung kopi dengan ruangan yang cukup luas, maka Anda lebih bebas untuk menentukan desain furniture kayu yang akan Anda gunakan. Akan tetapi jika warung kopi Anda tidak terlalu luas, alangkah baiknya jika Anda memilih desain furniture kayu yang minimalis.

meja warung murah
meja warung murah




4.    Penataan furniture
Tips selanjutnya mengenai penataan furniture. Sebaiknya Anda menghindari penataan furniture yang terlalu kaku atau membatasi ruang gerak para tamu. Akan lebih baik jika Anda menata furniture yang memungkinkan para pelanggan untuk dapat bergerak lebih leluasa, dapat berpindah tempat dengan mudah dan tidak terlalu sempit. Hal ini akan menambah kenyamanan para pelanggan Anda. Salah satu trik yang dapat Anda terapkan adalah dengan memilih furniture dengan bahan kayu yang ringan namun tetap kuat.

usaha warung kopi pinggir jalan
usaha warung kopi pinggir jalan


5.    Padukan beberapa jenis furniture
Agar tampilan interior terlihat lebih menarik, Anda dapat memadukan berbagai furniture dengan desain yang berbeda. Misal set meja dan kursi kayu biasa untuk pelanggan berjumlah sedikit dan gunakan bangku panjang untuk pelanggan yang datang dengan banyak anggota.

desain warung kopi sederhana
desain warung kopi sederhana


 

6.    Perawatan
Karena bahan kayu ini cukup sensitif terhadap cairan, maka Anda perlu memberikan perhatian khusus pada segi perawatannya. Cairan kopi baik itu panas atau dingin, juga cairan-cairan lainnya akan mempengaruhi furniture kayu Anda. Pilihlah jenis kayu yang benar-benar bagus, lapisan permukaan meja yang memungkinkan untuk mempermudah proses pembersihan furniture juga sangat diperlukan. Konsultasikan dengan penjual furniture yang lebih paham akan hal ini.

desain warung kopi minimalis
desain warung kopi minimalis


7.    Perhatikan kenyamanan furniture
Tips terakhir yang juga sangat penting adalah memperhatikan tingkat kenyamanan furniture ketika digunakan. Tidak dapat dimungkiri bahwa kenyamanan adalah salah satu aspek yang terpenting dalam memilih sebuah furniture. Terlebih jika furniture Anda berbahan kayu yang bahannya memang cukup keras. Pelanggan Anda akan betah berlama-lama jika merasa nyaman dan bisa jadi akan memutuskan untuk kembali mengunjungi warung kopi Anda karena faktor ini. Oleh karena itu, ketika hendak membeli furniture kayu alangkah baiknya jika Anda mencoba menggunakannya terlebih dahulu, pastikan furniture kayu Anda benar-benar nyaman untuk digunakan.

desain warung kopi unik
desain warung kopi unik


 

Demikian pembahasan kita pada artikel kali ini. Semoga 7 Tips Memilih Furniture Kayu Untuk Warung Kopi (Coffee Shop) di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada artikel penuh manfaat lainnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: