9 Tips Menata Ruangan Lebar di Rumah agar tidak Terlihat Kosong

Jika pada beberapa artikel sebelumnya kita sering membahas masalah penataan ruangan bergaya minimalis, kali ini kita akan membahas topik yang sebaliknya. Topik yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai bagaimana cara Menata Ruangan Lebar Agar Tidak Terlihat Kosong. Nah, bagi para pembaca yang kebetulan mengalami masalah dalam menata ruangan yang berukuran cukup besar tidak ada salahnya jika menyimak artikel ini hingga selesai. Pada artikel kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba terapkan di rumah masing-masing untuk membuat ruangan besar Anda tidak terlihat kosong.

Ruangan yang besar memang mampu menampung banyak furniture. Mulai dari yang berukuran minimalis hingga furniture yang berukuran cukup besar. Sepertinya mudah saja untuk menata ruangan ini menjadi sebuah ruangan yang nyaman untuk digunakan. Namun jangan menganggap remeh dulu soal penataan ruangan besar ini. Karena jika Anda tidak melakukan langkah-langkah yang tepat maka ruangan bisa jadi akan terlihat kosong. Hasilnya, meskipun ruangan Anda cukup luas namun kesan yang timbul adalah perasaan ketidaknyamanan ketika menggunakannya.




Jika sudah begini maka sia-sia saja Anda memiliki ruangan yang luas tetapi tidak mampu menghadirkan kepuasan pada Anda dan tamu Anda. Belum lagi untuk masalah perawatan ruangan, satu lagi problem yang muncul. Lalu bagaimana tips untuk menata ruangan lebar ini agar tidak terlihat kosong? Langsung saja simak beberapa Tips Menata Ruangan Lebar Agar Tidak Terlihat Kosong berikut ini :

1.    Furniture penyekat ruangan
Tips pertama yang dapat Anda coba terapkan adalah dengan memanfaatkan furniture untuk penyekat ruangan. Jenis furniture yang dapat berfungsi sebagai penyekat ruangan ini misalnya lemari atau rak dengan dua muka. Dengan adanya penyekat ruangan ini maka akan memberikan kesan ruangan tak terlalu besar. Selain itu Anda juga akan mendapatkan aspek fungsional dari furniture tersebut seperti untuk memajang perabot lain atau hiasan-hiasan untuk mempercantik ruangan Anda.

2.    Gunakan penutup lantai
Trik kedua yang dapat Anda terapkan adalah dengan menggunakan penutup lantai. Tanpa Anda sadari, lantai yang polos juga akan memberikan kesan ruangan Anda lebih luas. Oleh karena itu Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan penutup lantai untuk membatasi satu area dengan area lain di dalam ruangan. Penutup lantai yang dimaksud di sini beragam jenisnya, Anda dapat menggunakan jenis lantai parquet, memasang karpet, atau menggunakan keramik dengan motif yang berbeda. Dengan adanya batasan pada lantai ini maka akan memberikan kesan ruangan Anda tidak terlalu kosong.

3.    Bermain warna
Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan warna cat pada dinding Anda. Meskipun terkesan sepele, akan tetapi secara tidak langsung pemilihan warna dinding ini juga turut mempengaruhi kesan yang ada pada ruangan Anda. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk sedikit bermain warna pada dinging Anda. Pilihlah warna berbeda untuk setiap fungsi ruangan yang berbeda. Namun yang perlu diperhatikan adalah perbedaan warna dinding ini harus tetap serasi dan tidak menimbulkan kesan berantakan pada ruangan Anda. Pemilihan warna ini juga dapat Anda terapkan pada furniture-furniture Anda.

4.    Bedakan fungsi ruangan
Yang keempat adalah Anda sebaiknya dapat mengelompokkan fungsi-fungsi berbeda pada ruangan Anda. Misalkan pada satu ruangan terdapat dua fungsi berbeda yaitu sebagai ruang tamu dan ruang keluarga, maka furniture-furniture yang Anda pilih untuk kedua ruangan ini tidak boleh dijadikan satu. Dengan mengelompokkan furniture sesuai fungsinya masing-masing akan membuat ruangan besar Anda terlihat lebih terkonsep dan rapi.

5.    Padukan furniture
Tips kelima yang patut Anda coba adalah dengan memadukan beragam furniture. Padukan furniture dengan berbagai ukuran mulai dari furniture minimalis hingga furniture berukuran besar seperti sofa.

6.    Perbanyak hiasan
Hiasan dan ornamen-ornamen yang Anda tempatkan pada dinding dan ruangan Anda sedikit banyak akan mampu memberikan kesan ramai pada ruangan Anda. Sehingga ruangan besar tidak akan terlihat kosong dengan adanya berbagai macam hiasan.

7.    Hindari cermin besar
Tips selanjutnya yang dapat Anda coba terapkan adalah dengan menghindari penempatan cermin berukuran besar pada ruangan yang besar. Cermin berukuran besar ini justru malah akan memberikan kesan ruangan Anda semakin luas dan semakin terlihat kosong.

8.    Hindari jendela besar
Hampir sama seperti penggunaan cermin di atas, jendela kaca yang besar juga akan memberikan kesan ruangan Anda menjadi semakin luas.

9.    Penempatan furniture
Tips terakhir adalah mengenai penempatan furniture pada ruangan. Untuk menghindari kesan kosong pada ruangan besar Anda, sebaiknya Anda menempatkan furniture Anda pada area tengah ruangan. Atau minimal Anda memberikan jarak antara furniture dengan dinding ruangan. Jangan menempatkan furniture terlalu mepet atau menempel pada dinding karena akan menambah kesan luas pada ruangan Anda.

Demikian berbagai macam tips yang dapat Anda coba terapkan untuk menata ruangan lebar agar tidak terlihat kosong. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi yang tepat untuk Anda. Terima kasih atas kunjungan Anda dan sampai jumpa pada artikel-artikel menarik lainnya.

Subscribe to receive free email updates: